KERANGKA ACUAN
KEGIATAN PELATIHAN TENAGA FASILITATOR
TUMBUH KEMBANG OPTIMAL DAN SASARAN PENANGANAN YANG TEPAT
TANGGAL 2  MARET 2016

A. Pendahuluan
Semua orang tua menginginkan anaknya tumbuh dan berkembang dengan baik, tak terkecuali orang tua yang memiliki   Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Orang tua ABK seringkali merasa khawatir akan tumbuh kembang anak-anak mereka karena ABK beberapa hambatan dibanding anak-anak pada umumnya. Hambatan- hambatan tersebut membutuhkan  strategi khusus untuk mengatasinya agar ABK bisa bertumbuh kembang secara optimal. 
Ciri tumbuh kembang anak yang optimal meliputi pertumbuhan sempurna (fisiologis, anatomi, dan biokimia) dan perkembangan fungsi organ. Perkembangan berjalan bersamaan dengan pertumbuhan. Pertumbuhan bisa dilihat dari ciri fisik, mulai dari gigi susu hingga munculnya tanda-tanda seks sekunder. Adapun perkembangan, dapat dicirikan dengan kemampuan berpikir, gerak, daya nalar, ingatan, dan asosiasi.
Para  orang tua dengan Anak Berkebutuhan Khusus tentu juga menginginkan ABK mereka berdaya pikir kuat. Tak jarang orang tua berlomba-lomba menemukan metode atau cara baku untuk meningkatkan kualitas intelegensia anak. Namun tidak ada satu metode pun yang dapat menjamin seratus persen anak menjadi lebih cerdas. Disamping memberikan nutrisi yang tepat, langkah paling jitu adalah memberikan stimulasi yang optimal dan tepat, salah satunya dengan mengajak anak bergerak. Pergerakan tubuh tak hanya mendorong  anak bereksplorasi atau bermanfaat bagi fisiknya, melainkan juga menstimulasi saraf otak anak.
Pergerakan tubuh sebagai stimulant otak merupakan pintu sebuah proses pembelajaran anak. Tehnik edukinesicology seperti Brain Gym,RMT dan  Building Block biasa digunakan untuk mengoptimalkan kerja otak anak berkebutuhan khusus. Penerapan tehnik ini  mengintegrasikan setiap bagian otak, sehingga membuka bagian otak yang sebelumya tertutup atau terhambat. Intervensi pada ABK sejak usia dini dengan menerapkan tehnik ini akan mampu mengoptimalkan potensi tumbuh kembang anak.
Untuk anak berkebutuhan khusus, dukungan orang tua akan membantu pengembangan diri anak, serta menstimulasi kepercayaan diri dan semangat hidup mereka.
B. Tujuan Kegiatan
Sebagai upaya untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan bagi orang tua dan praktisi agar dapat memberikan pelayanan yang tepat bagi Anak Berkebutuhan Khususnya.

C. Manfaat Kegiatan
 Agar Orang tua dan guru/terapis bisa memiliki pengetahuan dan keterampilan terkait dengan bagaimana membuat penanganan yang tepat untuk mengoptimalkan tumbuh kembang ABK.

D. Dasar Hukum
1.  Undang-undang Republik Indonesia No 35 Tahun 2014 tentang Perubahan atas Undang-undang No.23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.
2. Peraturan Daerah Provinsi Kalimantan Timur No. 06 Tahun 2012 tentang Perlindungan dan Pemenuhan Hak-hak Anak.
3. Undang-undang Nomor 6 Tahun 1974 tentang Ketentuan-ketentuan Pokok Kesejahteraan Sosial.
4.      Undang-undang Nomor 4 Tahun 1979 tentang Kesejahteraan Anak
5.   Undang-undang Nomor 10 tahun 1992 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga Sejahtera
6.      Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
7.      Undang-undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah.

E. Pelaksana Kegiatan
Badan PP dan KB Provinsi Kalimantan Timur, FPABK, PPDI, Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Timur, Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur 
F. Jumlah Peserta
Peserta berjumlah 35 orang, terdiri dari orang tua anak berkebutuhan khusus dan praktisi/pengajar Anak Berkebutuhan Khusus

G. Narasumber
        Narasumber dari praktisi ABK
H. Keluaran
      Meningkatnya pemahaman orang tua dan guru/terapis ABK tentang mengoptimalkan tumbuh kembang ABK dengan penanganan yang tepat.
I. Hasil Yang Diharapkan
Orang tua dan guru/terapis bisa menjadi fasilitator yang efektif bagi ABK dan memahami bagaimana membuat penanganan yang optimal untuk mengoptimalkan tumbuh kembang ABK.

J. Dampak
ABK mendapat penanganan yang tepat sehingga bisa bertumbuh kembang secara optimal.
K. Waktu dan Tempat Pelaksanaan Kegiatan
    Kegiatan Pelatihan Tenaga Fasilitator ini dilaksanakan pada
        Hari/tanggal         : Rabu, tanggal 2 Maret 2016
             Tempat                   : Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Timur.
   
L. Anggaran
      Anggaran kegiatan ini dibebankan pada SKPD Badan PP&KB Prov.Kaltim tahun anggaran 2016.


FOTO-FOTO KEGIATAN 
Foto Bersama Narasumber
Bu Widarwati, Bu Hj. Hardiana Muriyani, M.Si, Bu Ardiningsih, M.Si, Bu Ike dan Pak Agus Prasetyo



















Sambutan dari Ibu Hj. Ardiningsih, M.Si
















LATIHAN BRAIN GYM

















0 komentar :

Posting Komentar

Home Menu

 
Top